Pelatihan SID

Mandalamekar merupakan sebuah desa yang terletak dalam (daerah) kecamatan Cimeunyan, Kabupaten tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat. Mandalamekar juga merupakan salah satu desa yang memanfaatkan Desa Broadband Terpadu (DBT) dimana saat ini sudah banyak di kenal khususnya di kabupaten Tasikmalaya.
Diprakarsai oleh Badan Prakarsa Pemberdayaan Desa & Kawasan (BP2DK) yang menjadikan ciri untuk mengutamakan karya nyata, menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sesuai dengan nilai-nilai kearifan desa, mendorong kinerja ekonomi yang sesuai dengan ekologi, mendorong kerjasama yang arif dan konstruktif antara masyarakat, pemerintah, dan badan usaha, sehingga terwujud kemandirian desa dan kawasan.

Peserta pelatihan dari desa langon

Selain itu Desa Mandalamekar merupakan Desa Pelopor SID pertama dengan nuansa pedesaan yang asri dan menyajikan pembelajaran yang nyaman dan kearifan lokal budaya yang memanjakan setiap peserta Pelatihan Sistem Informasi Desa.
Dari Jepara sendiri di ikuti oleh 30 peserta meliputi dari Operator SID masing-masing desa se kecamatan Tahunan dan Kecamatan Mlonggo, dari Dinsospermades, Kasie PMD dan Pendamping Desa Kecamatan Tahunan dan Mlonggo. Jum’at (30/11).
Sambutan selamat datang juga disampaikan oleh Kepala Desa Mandalamekar (Yana Noviadi) kepada para peserta dari Kabupaten Jepara yang berantusias dan bersemangat dalam mengikuti Pelatihan sistem informasi desa (SID) meskipun penuh perjuangan untuk sampai di Desa Mandalamekar.
Tak hanya itu Kepala Desa Mandalamekar juga berbagi ilmu dan pengalaman mengenai Instansi Badan Usaha Milik Antar Desa. BUMADes Panca Mandala yang merupakan gabungan dari hasil kerja sama antar desa yang berawal dari lima desa di Kecamatan Jatiwaras yakni: Desa Papayan, Desa Mandalamekar, Desa Ci Warak, Desa Mandalahurip dan Desa Kertarahayu.
BUMADes Panca Mandala merupakan Badan Usaha Milik Antar Desa yang menggelar semua kegiatan Bimbingan Teknik Sistem Informasi Desa (SID) untuk pandu-pandu desa yang belajar dan berbagi ilmu di Desa Mandalamekar.
Disampaikan juga oleh Hj. Zulaikhah Dinsospermasdes Kabupaten Jepara bahwa tujuan dari Pelatihan Sistem Informasi Desa ke Mandalamekar Tasikmalaya, selain silaturahmi juga untuk menambah wawasan dan pengetahuan para operator masing-masing desa yang diharapkan dengan adanya kegiatan Pelatihan SID (Sideka) ini dapat dimaksimalkan penggunaanya.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan