Jepara Gencarkan Gerakan ODF

Pemerintah Kabupaten Jepara hari ini (19/12) mengadakan kegiatan Deklarasi 81 Desa/Kelurahan ODF (Open Defecation Free) di Gedung Wanita Jepara . Dalam acara tersebut sejumlah perwakilan desa se-kabupaten Jepara hadir. Deklarasi ini juga dihadiri Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

Pada kesempatan ini sebanyak 81 lurah/petinggi menerima sertifikat desa ODF dari pemerintah kabupaten Jepara. Sementara bagi lurah/petinggi desa lain yang belum ODF ditargetkan harus sudah ODF tahun 2019.

Dalam sambutan Bapak Bupati Jepara, pada kesempatan ini diwakilkan oleh Sekda, menyampaikan adanya keanehan pada kabupaten jepara, karena dibandingkan kabupaten-kabupaten lain angka kemiskinan dan pengangguran di Jepara itu lebih kecil. Lalu bagaimana bisa jumlah warga yang memiliki jamban dan BABS (Buang Air Besar Sembarangan) masig tinggi.

Beliau juga mengajak sejumlah petinggi untuk menaruh perhatian lebih pada persoalan BABS. Karena berawal dari itu kesehatan masyarakat bisa meningkat. Hal ini bisa berefek domino pada produktifitas warga yang mana ekonomi masyarakat ikut meningkat.

Dikatakan juga bahwa untuk program ODF ini pemerintah desa biaa menganggarkan dari APBDes. Jadi tidak melulu digunakan untuk pembangunan infrastruktur saja. Hal ini dalam rangka mengejar target Jepara ODF tahun 2019.

Reng Boyolali Tuku Pacul

Ngiseng Nok Kali Dicokot Bajul

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan